perjalanan liberalisme di abad pertengahan



Permasalahan komplek yang dialami negeri ini khusunya umat islam sendiri dari berbagai macam aspek politik, ekonomi, social, dan budaya dll semuanya bersumber dari satu hal yakni tentang permsalahan pemikiran. Yang kemudian menimbulkan masalah – masalah yang diatas, dan menjadi tantangan bagi kita umat muslim dibidang pemikiran. jika dijabarkan tantangan pemikiran ini menjadi 2 macam; yaitu l internal dan external. Contoh halnya dalam internal ;kejumudan,fanatisme, bid’ah khurafat, taqlidul a’ma dll. Yang dimana dari problem ini timbul masalah diantaranya; lamanya respon dari dai ulama dan masyarakat muslim dalam menangani permasalahan umat yang kontemporer ini, yang menyebabkan terhambatnya perkembangan ilmu pengetahuan islam. sedangkan permasalahan external di bidang pemikiran yang dihadapi umat islam diantarranya yaitu; masuknya konsep,paham pemikiran asing seperti sepilis(sekularisme, pluralisme, liberalisme), feminisme, relativisme dsbg. Dan terjadilah percampuran konsep-konsep asing ke dalam pemikiran dan kehidupan umat Islam mengakibatkan  kerancuan berpikir dan kebingunan intelektual. Karena, mereka yang terkontaminasi oleh framework yang tidak sejalan dengan Islam ini meragukan bahkan mempersalahkan ajaran gama islam. misalnya, akan melihat Islam dengan kaca mata sekuler, liberal dan relativistik. Contoh dampaknya yang nyata dibidang syariah yaitu kurangnya pakar ilmuan islam yang mengaplikasikan konsep keuangan syariah di masa kini, dan mengakibatkan umat islam lebih memilih sistem keuangan konvensional daripada syariah,sebaliknya praktik perbankan syariah,takafull,bursa syariah tidak sejalan dengan yang diajarkan nabi.oleh karena itu rangkuman hasil bacaan dari tulisan Ust.Hamid Fahmi Zarkasyi yang berjudul Liberalisasi Pemikiran Islam ini sedikit mengungkap tentang sejarah perjalanan liberalisme di abad pertengahan .

Kata liberal diambil dari bahasa Latin liber artinya bebas dan bukan budak, atau suatu keadaan dimana seseorang itu bebas dari kepemilikan orang lain. Arti kata bebaspun kemudian berkembang menjadi sebuah sikap kelas masyarakat terpelajar di Barat yang membuka pintu kebebasan berfikir (The old Liberalism). Dari makna kebebasan berfikir inilah kata liberal berkembang sehingga mempunyai berbagai makna.sedangkan bebas dalam politik adalah ideologi politik yang berpusat pada individu, dianggap sebagai memiliki hak dalam pemerintahan, termasuk persamaan hak dihormati, hak berekspresi dan bertindak serta bebas dari ikatan-ikatan agama dan ideology.

Sedangkan dalam bidang sosial diartikan sebagai adalah suatu etika sosial yang membela ke bebasan (liberty) dan persamaan (equality) se cara umum, jika dilacak liberalisme ini berawal daari induk peradaban barat yang tidak lain adalah peradaban yunani.Namun, jika dikaitkan  hingga Abad Pertengahan, liberalisme dipicu oleh kondisi sistem ekonomi dan politik yang didominasi oleh sistem feodal.dimana kekuasaan raja yang semena – mena dengan rakyat,dan kepemilikan hak yang istimewa lebih dari rakyat yang membuat rakyat tidak leluasa melakukan sesuatu.liberalisme abad pertengahan diperkirakan dimulai sekitar tahun 1215 dimana raja John inggris mengeluakaran dokument magna carta yang menyebabkan pembatasan kekuasaan raja terhada masyarakat.

          Kemudian liberalisme berlanjut di negara – negara eropa  yang ditandai dengan banyaknya kekuasan raja Inggris yang tumbang (raja James II & Marry II).di Prancis sendiri liberalisme ditandai dengan munculnya revolisi Prancis yang akibat dari ajaran filsuf terkenal prancis Montesquieu yang mengajarkan pemisahan negara dengan kekuasaan eksekutif ,yudikatif,dan legistatif.yang mengurangi kekuasaan politik yang absolute. Adapun Voltaire menyerang pemerintah yang terlalu campur tangan dalam kebebasan individu.sedangkan di Amerika dampak dari liberalisasi ini menyebabkan amerika merdeka dari inggris pada the revolutionary war (1775-1783). Dan dampak yang paling nampak dari liberalisme politik ini ialah banyak terjadi perubahan sistem kenegaraan di negara – negara eropa dari sitem kerajaan menjadi sistem demokrasi , dan menyebabkan banyak raja bertumbangan pada tahun 1830.

Menjelang awal abad ke 20 setelah banyak negara yang menganut demokrasi , dan wanita dapat menyapaikan aspirasi suararnya dalam berpolitik . liberalisme berkembang lebih luas lagi tidak hanya dalam politik dan ekonomi, namun berkembang dalam ranah lainnya seperti intelektual. Contohnya di Amerika yang ketika itu dipimpin oleh , Presiden Franklin D. Roosevelt men- deklarasikan empat kebebasan, yakni kebebasan untuk berbicara dan menyatakan pendapat (freedom of speech), kebebasan beragama (freedom of religion), kebebasan dari kemelaratan (freedom from want), dan kebebasan dari ketakutan (freedom from fear). Adapun contoh Li b e r a lisme dalam konteks kebebasan intelektual yang berarti berpikiran bebas,berpengetahuan luas, terus terang, dan terbuka. Di masa itu dunia Barat berupaya untuk membebaskan bidang intelektual, sosial,keagamaan, politik dan ekonomi dari tatanan negara yang mengengkang atau membatasi kekuasaan individu dan bahkan dari Tuhan. Yang dampaknya  adalah penghapusan hak-hak Tuhan dan segala otoritas yang diperoleh dari Tuhan; mengesampingkan agama dari kehidupan publik menjadi bersifat individual. Selain itu agama Kristen dan Gereja harus dihindarkan agar tidak menjadi lembaga hukum yang memerintah seperti negara maupun lembaga sosial lainnya. Yang kemudian Kebebasan intelektual berkembang bersamaan dengan perkembangan liberalisme sosial dan politik yang terjadi di Barat pada akhir abad ke 18. Oleh karenanya magna carta dari revolusi Prancis tahun 1789 dianggap sebagai simbol liberalisme.yang dimana  Di dalamnya terdapat kebebasan mutlak dalam pemikiran, agama, etika, kepecayaan, berbicara, pers dan politik.

Oleh karena itu tantangan liberalisme yang kita hadapi sekarang tidak jauh beda dengan apa yang dihadapi oleh agama kristen pada abad pertengahan, sedangkan liberalisme politik dan ekonomi jika diahas lebih lanjut dampaknya lebih besar daripada apa yang dihasilkan darinyya seperti yang kita ketahui kita sendiri memiliki solusi ekonomi yang tepat yaitu ekonomi syariah ,bukan ekonomi liberal

Komentar

Postingan populer dari blog ini

أدوات الجزم

poin - poin penting dalam berdialog antar agama

salah satu metode berdakwah yang mudah