poin - poin penting dalam berdialog antar agama



Dialog umat beragama ssebagai sarana kerukunan umat beragama 

·         Dalam dialog umat  beragama yang berusaha dirukunkan demi menjaga toleransi antar umat adalah manusianya bukan agamannya.karena kalau agama dirukunkan satu sama lain sampai hari kiamatpun tidak akan bisa,dan akan terjadi kekacauan ajaran agama. Didalam agama kristen diajarkan juga, yaitu dengan cara mengambil ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan tentang toleransi dan kerukunan beragama kemudian dikaitkan dengan yang ada dibibel, yang dimana membuat mereka paling benar. Dan dalam hal ini mereka selalu mendakwakan perkataan yesus. Dan masih menganggap bahwa perintah yesuslah yang paling benar.
·         Hal ini berbeda dengan yang diajarkan dalam agama islam meraka mengajarkan toleransi dan kerukunan umat beragama dengan seperti yang diajarkan dalam Al-Qur’an. Namun tidak merendahkan derajat yang lainnya dan mereka tidak mengedepankan hawa nafsu dan kembali lagi ke Al-Qur’an dan ayat – ayatnya seperti :  ادْعُ إِلَىٰ سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ ۖ وَجَادِلْهُم بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ ۚ 
·         Nabi-nabi sebelum nabi Muhammad yang hanya diutus kepada kaum-kaum tertentu untuk menyampaikan wahyu Allah dan menjaga mereka dari kekufuran, seperti nabi Nuh untuk kaumnya dan mabi musa untuk bani israil dan nabi luth.berbeda dengan nabi Muhammad SAW.beliau sebagai penutup para nabi dan penyempurna risalah Allah dan panutan didunia ini sampai hari kiamat.
·         Didalam forum berdialog antar agama yang dituju adalah mencari solusi kerukunan antar umat beragama bukan mencari hidayah atau kebenaran bagi agama lain.namun itu menjadi moment yang tepat bagi umat islam untuk berfakwah lintas agama dengan caea berdebat yang baik seperti yang ditegaskan oleh Al-Qur’an:
·         Berdakwah dengan umat kristen cukup dengan menggunakan bibel saja.karena kitab mereka kontriversi dan banyak yang harus dipertannyakan.contoh halnya benarkah yesus mati disalib,apakah yesus benar-benar tuhan, dan lain sebagainya.hal ini bisa dilakukan dengan menunjukan akhlaq yang baik dalam berdebat,merebut dan melunakkan hati mereka kalau sudah bgitu maka apa yang kita sampaikan akan diterima dengan senang hati.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

أدوات الجزم

salah satu metode berdakwah yang mudah