membangun peradaban Qur'any kunjungan ke AQL (Ar rahman Al Qur'anic Learning) jakarta



objek kedua yang kami kunjungi adalah AQL(ar-rahman qur’anic learning) sebuah lembaga kajian Al-Qur’an yang dulunya hanyalah madrasah pembalajaran Al-Qur’an. Namun seiring berjalannya banyak kegiatan disana semakin berkambang dan berjalan menjadi organisasi yang besar kini bernama AQL. Ar Rahman Qur’anic Learning (AQL) juga menjadi sebuah lembaga yang bergerak di bidang dakwah, pendidikan, kaderisasi, sosial, ekonomi & kewirausahaan yang bersemangat untuk mengembalikan masyarakat umum kepada Al Qur’an. Misi dakwahnya, AQL berupaya memberantas buta makna Al Qur’an, Berqur’an tak sekedar ritual tapi juga fungsional, Membentuk pribadi-pribadi berkarakter Al Qur’an, dan Mencari Kejayaan akhirat, bukan membangu kerajaan di dunia.
Dalam kunjungan SPL kemarin ustadz Bachtiar Nasir selaku pimpinan AQL banyak menyampaikan hal-hal yang berkenaan dengan tata cara membangun peradaban qur’any, beliau mengatakan tadabur adalah cara yang diinginkan Al-Qur’an jika ingin mengkaji dan mempelajari Al-Qur’an dan mendapatkan manfaat ilmu darinya.
Biasanya beliau sebelum melakukan pengkajian beliau hendak memulainya dengan membacakan surat al-baqoroh ayat 32, yang mana didalamnya terpampang poin-poin dalam menuntut ilmu. Diantaranya ialah sebagai wujud permintamaafan malaikat kepada Allah karena menayakan sesuatu hal yang belum diketahuinya.sedangkan kita sebelum menuntut ilmu harus memposisikan dirikita sebagai subhanaka laa ‘ilma lana  atau yang seperti biasanya yang kita sebut bagaikan gelas kosong yang siap diisi. Adalagi poin yang penting yang disampaikan beliau yaitu, dalam menuntut ilmu khusunya dalam mentadabburi Al-Qur’an kita tiidak hanya sedang mengimplementasikan,namun opini-opini kita yang harus diposisikan sesuai Al-Qu’an supaya tidak menjadi  insan yang naasiyatin kadibatin khotiah.  dan dalam membangun masyarakat berperadaban qur’any kita harus bersikap kreatif. Khusunya dalam berdakwah dalam bentuk broadcasting , akademik maupun tadabur qur’an. Namun jika ingin lebih cepatnya lagi bangun lah beralaskan kekuatan seperti yang terjadi di mesir dan turki. Dan tidak hanya sampai situ saja kita harus jadi orang yang risk taker orang yang berani mengambil resiko. Karena masalah yang akan dihadapi nantinya tidaklah mudah kita harus siap dianggap teroris, tidak toleran dan dan berhadapan langsung dengan zionis.
Satu hal lagi yang sangat berarti dari beliau yaitu tentang aksi super damai kemaren yaitu 412 bisa jadi hal tersebut adalah awal kebangkitan islam di indonesia , meski  perjuangan sangatlah panjang namun tiga hal yang sangat dibanggakan dari umat muslim khususnya 412 kemaren yaitu izzatuhum, quwwatuhum wa momentumuhum . beliau sangat yankin  tidak menuntut kemungkinan bahwasanya perdaban islam muncul kembali dari indonesia. Adapun Pilar peradaban quran tauhid iptek (ilmut eknoloi) etika dan akhlaq. Sedangkan Temuan2 sains di masa depan hanya untuk melegitimasi al quran dan meyakinkan kebenaran kebenaran absolut dalam alquran .dan dari sini penulis menganalis bahwa apa yang di sampaikan beliau sangat relevan seperti yang terjadi di lapangan, tepatnya pada 412 kemaren dimana beliau menjadi pelaku sejarah langsung menjadi khotib sholat jumat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

أدوات الجزم

poin - poin penting dalam berdialog antar agama

salah satu metode berdakwah yang mudah