sedikit pengetahuan tentang ulumul qur'an
Kriteria tertentu untuk masuk fakuktas ini seleksi pertama meraka
harus lolos dalam progam tahfiz penuh , nilai tulis bahasa arabnya 60. Kualitas
dosen ,kualitas mahasiswa ,kurikukum ,dana , empat hal ini yang mempengaruhi
kualitas pendidikan . tidak ada dikotomi ilmu jika ilmu itu ada keterkaitan
dalam alqur’a, apalagi itu ilmu alquran , alquran sejak diturunkan menghadapi
dua realitas , yaitu teks dan konteks, alquran tidak akan pernah berubah dari
bahasanya yaitu bahasa arab , dan untuk mendorong pembacanya memahami alquran ,tilawah
dan qiroah dua kaata beda makna. Cman bedanya tilawah lebih sepesifik yang hanya ditujukan pada teks teks suci ,
beda kiroah lebih ditunjukan ke hal yang umum .dan tilawah jadi satu
karakter.dan ciri bahwa dia menngharapkan kegiatan yang tidak rugi.kalau muslim
tidak pernah ngajai tidak bela alquran,yang tidak pernah ngaji tidak pernah
bermuamalah dengan alquran ,bukan mengamalkan alquran tapi ngaji karrena org
non muslimjuga mengamalkan laquran , naumun orng muslim membacanya. Dan
mengamalkan. Kiroah bisa dua bisa membaca teks dan bisa tidak membaca
teks.
Kriteria ilmu bermanfaat menumbuhkan sebuah kesadaran kepada
mengangbdi ke tuhan , sadarkan ke pemiliknya pada tugs kekhalifahan. Ujian
pertama masuk PTIQ adalah bacaan alqurannya bagus.realitas kedua yang dihadapi
realitas kontesk . jaminan teksnya adalah inna nahnu nazzalna dizkro. Namun dlm
relitas konteks , tidak ada satu kekuatan yang mampu menahan kekuatan ini dalam
menahan kesesuain alquran dalam zaman dan makan .menganggap alquran seusai
dengan..
Upaya kontekstualisasi dalam ayat
memang tidak bisa dicabut dalam konteks. Harus ada hubungan teks dan konteks.
Meski alquran teks mati namun peradaban islam dibangun dari itu oleh karena itu
harus ada ilmuan dan mahasiswa muslim yang harus mengkaji teks mati itu. Supaya
konteksnya hidup terus. Berfikir filosofis itu diharapkan harus dalam bawah
naungan Al-Quran. Di PTIQ semua mata kuliah mengarah pada Al-Quran. Kita tidak Ingin
mengajari balagoh sebagi sebuah ilmu namun sebagai sebuah wacana untuk memahami
ayat .tugas kita transformasikan nilai
alquran agar konteksnya tetap hidup.
Tafsir bil ma’sur fasirr bil
roksi biasanya lebih dominan rokyunya daripada .
Tafsir bil rokyu lebih dominan ayat alqurannya. Pesantren berbasis kitab ,Quran ,sekolah
,bahassa , bahasa tidak dijelakan untuk
berkomunikasi , namun untuk menjelaskan
assohu tafsir ba’da quran tafsi
tobari. Tafsir Arrazi tfsirya yang lebih dominan ilmu karena dimasa itu banyak
ilmuyang berkembang dibanding riwayat. Apakah seseorang berbicara ats nama
alquran. Tapi seharusnya dia melandaskan tafasirnya atsa nama ulama yang
otoritatif.. PTIQ harus paham kutub turos dan pahamnya tidak tercatut oleh.
Akarnya. Tafsir bil maksur libih dominan mengumpukl\\lkan riwayat dairpada rokyiu
meski riwayat itu riwayat doif riwayat isroiliyyat.
Komentar
Posting Komentar