sedikit pengetahuan tentang ulumul qur'an



Kriteria tertentu untuk masuk fakuktas ini seleksi pertama meraka harus lolos dalam progam tahfiz penuh , nilai tulis bahasa arabnya 60. Kualitas dosen ,kualitas mahasiswa ,kurikukum ,dana , empat hal ini yang mempengaruhi kualitas pendidikan . tidak ada dikotomi ilmu jika ilmu itu ada keterkaitan dalam alqur’a, apalagi itu ilmu alquran , alquran sejak diturunkan menghadapi dua realitas , yaitu teks dan konteks, alquran tidak akan pernah berubah dari bahasanya yaitu bahasa arab , dan untuk mendorong pembacanya memahami alquran ,tilawah dan qiroah dua kaata beda makna. Cman bedanya tilawah lebih sepesifik  yang hanya ditujukan pada teks teks suci , beda kiroah lebih ditunjukan ke hal yang umum .dan tilawah jadi satu karakter.dan ciri bahwa dia menngharapkan kegiatan yang tidak rugi.kalau muslim tidak pernah ngajai tidak bela alquran,yang tidak pernah ngaji tidak pernah bermuamalah dengan alquran ,bukan mengamalkan alquran tapi ngaji karrena org non muslimjuga mengamalkan laquran , naumun orng muslim membacanya. Dan mengamalkan. Kiroah bisa dua bisa membaca teks dan bisa tidak membaca teks. 
Kriteria ilmu bermanfaat menumbuhkan sebuah kesadaran kepada mengangbdi ke tuhan , sadarkan ke pemiliknya pada tugs kekhalifahan. Ujian pertama masuk PTIQ adalah bacaan alqurannya bagus.realitas kedua yang dihadapi realitas kontesk . jaminan teksnya adalah inna nahnu nazzalna dizkro. Namun dlm relitas konteks , tidak ada satu kekuatan yang mampu menahan kekuatan ini dalam menahan kesesuain alquran dalam zaman dan makan .menganggap alquran seusai dengan..
Upaya kontekstualisasi dalam ayat  memang tidak bisa dicabut dalam konteks. Harus ada hubungan teks dan konteks. Meski alquran teks mati namun peradaban islam dibangun dari itu oleh karena itu harus ada ilmuan dan mahasiswa muslim yang harus mengkaji teks mati itu. Supaya konteksnya hidup terus. Berfikir filosofis itu diharapkan harus dalam bawah naungan Al-Quran. Di PTIQ semua mata kuliah mengarah pada Al-Quran. Kita tidak Ingin mengajari balagoh sebagi sebuah ilmu namun sebagai sebuah wacana untuk memahami ayat .tugas  kita transformasikan nilai alquran agar konteksnya tetap hidup.
Tafsir bil ma’sur  fasirr bil roksi biasanya lebih dominan rokyunya daripada .
Tafsir bil rokyu lebih dominan ayat alqurannya.  Pesantren berbasis kitab ,Quran ,sekolah ,bahassa , bahasa tidak dijelakan untuk  berkomunikasi , namun untuk menjelaskan  assohu tafsir ba’da quran  tafsi tobari. Tafsir Arrazi tfsirya yang lebih dominan ilmu karena dimasa itu banyak ilmuyang berkembang dibanding riwayat. Apakah seseorang berbicara ats nama alquran. Tapi seharusnya dia melandaskan tafasirnya atsa nama ulama yang otoritatif.. PTIQ harus paham kutub turos dan pahamnya tidak tercatut oleh. Akarnya. Tafsir bil maksur libih dominan mengumpukl\\lkan riwayat dairpada rokyiu meski riwayat itu riwayat doif riwayat isroiliyyat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

أدوات الجزم

poin - poin penting dalam berdialog antar agama

salah satu metode berdakwah yang mudah