pengertian makrifah menurut para tokoh



1.   

1.      Pengertian makrifah menurut bberapa tokoh beserta sumbernya yang bisa dijadikan rujukan dalam mengetahui makrifah secara terminologis


 Pengertian  ma’rifah yang terdapat di buku koleksi tanya jawab agama islam terbitan tim dakwah pesantren hal 5009. Ma’rifatullah leburnya diri pribadi manusia bada kebahagiaan Allah , dimana perasaan keinsanan lenyap diliputi rasa ketuhanan. Dalam keadaan demikian, semua rahasia yang membatasi diri dengan allah tersingkap (kasyaf).ketika itulah antara diri dengan allah menjadi satu dalam baqa’NYA tanpa “hulul” dan  “ittihad”. Artinya tanpa bersatu ntara abid dan ma’bud dalam pengertian seolah –plah diri manusia dan tuhan adalah sama.
2.      Sedangkan pengertian  Ma’rifatullah menurut sokhi huda dalam bukunya fenomena sholawat wahidiyah ialah  mengenal allah dengan pandangan mata hati,dengan pandangan batin, hal ini meminjam dari pengertian Ibn Atha’illah.
3.      Sedangkan menurut KH.Abdullah gymnastiar dalam bukunya Sebuah nasihat Kecil hal 24 terbitn republika mengungkapkan bahwasannya ma’rifatullah adalah pengarah yang akan meluruskan orientasi hidup seorang muslim ,dia hidup bukan untuk siapapun kecuali allah swt . jika seseorang hidup dengan menegakkan prinsip-prinsip ma’rifatullah  maka insyaallah alam semesta ini akan allah tundukkan untuk melayaninya . dengan fasilitas itu dia akann memperoleh kemudahan dalam setiap urusan yang dihadapi.
4.      Didapat pustaka ilmu sunni salafiyah ktb hal 4938 buku koleksi tanya jawab agama islam terbitan tim dakwah pesantren hal 4938 tang diambil dari keputusan kongres  & mubes jami’ah ahli tarikaoh al mu’tabaroh an nahdiyah pada hasil muktamar kedua di pekalongan tanggal 8 jum ula 1379 H / 9 nov 1959 hal 25dari Ma’rifah adalah tujuan akhir seorang hamba yang mendekatkan diri kepada allah swt.(salik) yaitu masuknya seorang salik kedalam istana suci kerajaan allah swt .(wusul ilallah swt ). Sehingga dia benar-benar mengetahui dengan pengetahuan langsung dari allah baik tentang tuhannya dengan segala keagungan asmanya sifat-sifat serta dzatnya. Juga segala rahasia penciptaan makhluq diseantro jagad raya ini . para arifin ini tujuan dan cita-cita ibadahnya jauh lebih tinggi lagi, mereka bukan hanya ingiin allah swt dengan ampunannya dan keridaanya tapi lebih jauh ,mereka menginginkan keudukan yang terdekat dengan al khaliq yaitu sebagai hamba yang vinta dan dicintai oleh allah.
5.      Sedangkan pengertian ma’rifatullah dalam bukunya Meriah Bening Hati Dengan Managemen Qolbu K.H. Abdullah Gyimnastiar hal 4 .bagi seorang muslim ma’rifatullah adalah bekal untuk meraih prestasi setinggi- tingginya . sebsliknys ,tanpa ma’rifatullah tak mungkin seorang muslim memiliki keyakinan dan keteguhan hidup. Ma’rifatullah adalah pengarah yang akan meluruskan orientasi hidup seorang muslim .dari sinilah dia menyadari bahwasannnya hidupnya bukan untuk siapapun selain allah .jika seseorang hidup dengan menegakkan prisnip prinsip makrifatullah ini insyaallah alam semesta ini akan allah tundukkan untuk melayaninya .dengan fasilitas itulah dia kemudia akan memperoleh kemudahan dalam setiap urusan yang dihadapinnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

أدوات الجزم

poin - poin penting dalam berdialog antar agama

salah satu metode berdakwah yang mudah